Rabu, 28 September 2016

CARA MEMBUAT NIRMANA TRIMATRA MENGGUNAKAN KERTAS,DUPLEKS, STICK,SEDOTAN ,DLL


TUGAS 1
sebelumnya kita harus mengenal apa itu nirmana, menurut arti nirmana yaitu dari kata nir da mana, nir merarti tidak sedangkan mana adalah bermakna,sedangkan dalam artian luas nirmana adalah penyusunan elemen-elemen visual seperti titik, garis, warna, ruang dan tekstur menjadi satu kesatuan yang harmonis, nirman ada 2 yaitu nirmana 2 dimensi dan nirmana 3 dimensi dan kita sekarang akan belajar nirmana 3 dimensi 
YANG PERTAMA yaitu :



sediakan pensil 2b, Penggaris,penghapus, cutter, kertas manila yang sudah di ukur 20x20 cm
lalu buatlah garis sehingga membentuk gambar di bawah ini


Setelah selesai lalu potong garis yang telah kita bentuk menggunakan cutter, jika sudah selesai
lalu tekuk seperti gambar di bawah ini hingga akhir





dan akhirnya terbentuklah suatu karya nirmana 3D yang indah

Tampak Atas

Tampak Belakang

Tampak Samoing

Tampak Depan



TUGAS 2
 ini Adalh jarya nirmana trimatra dengan menggunakan kertas asturo tetapi di bentuk sebuah gempal (gempal adalah sebuah bidang yang berjajar yang membentuk suatu benda yang memiliki volume)dan warna hiram itu adakah pedestal (pedestal adalah alas dari sebuah nirmana)
di sini saya memuatnya dengan komposisi :
1.proporsi tidak papa tidak sesuai, maksudnya yaitu bentuk kubusnya tidak menyesuaikan dengan pedestal/latar tidak papa,
2.lalu irama juga tidak sesuai maksudnya yaitu tinggi kubus tidak wajib semakin bertambah tinggi yang nantinya jika kubus selalu bertambah tingginya maka akan di sebut berirama
3.warna harus sama : jadi yang saya buat warnanya sama yaitu merah semua
4. interfal :(interfal yaitu jarak antara kubus satu dengan kubus yang lain tidak harus sama jadi yang saya bentuk itu  lumayan salah karena masih ada jarak yang sesuai antara kubus satu dengan kubus yang lainya,tapi gak papalah masih proses belajar
5.blance harus sma :blance adalah keseimbangan antara kubus kanan dan kiri atas dan bawah dan yang saya buat itu menurut saya sudah memnuhi syarat karena kubus kiri dan kanan sama atas dan bawah juga

Add caption








TUGAS 3
Nirmana bidang bershaf

ini adalah karya ku tentang nirmana bidang bershaf dimana suatu bidang yang di deretkan sehingga membentuk suatu gempal, cara membuatnya  yaitu siapkan :
1.duplek
2. trplek ukuran 25x25
3.cat poster warna putih
4.pilok warna hitam
5.lem g
6. cutter

cara pembuatanya :
- pertama potong duplek dengan cutter  menjadi ukuran yang berfariasi ,punya saya saya potong dari ukuran 4x4  sampai ukuran 15x15
- lalu cat per potongan dupleks tadi menggunakan cat poster warna putih
- triplek tadi di pilok seluruhnya baik depan maupun belakang (tunggu sampai kering)
- ketika triplek sudah kering kita pasang duplek yang sudah di cat ke triplek dengan bentuk seperti di bawah ini :




karya nirmana dinding ini dupleknya boleh di kasih warna seperti degradasi warna,sehingga membentuk suatu yang lebih enak dipanfang. 






TUGAS 4
Nirmana Trimatra Racana dinding



Racana adalah keseluruhan organisasidalam ruang, dengan kata lain recana adalah sebuah kerangka yang menopang keseluruhan susunan raut,warna, dan barik.
dan dindiing di sini menunjukkan bahwa nirmana trimatra ini berbentuk seperti dinding

dan karena kesalahan saya membuat nirmana ini di karnakan nirmana itu pengertianya yakni tidak memiliki makna di pembuatanya jadi punya saya kesalahnya yakni dalam pembentukan pedestal (sesuatu yang mengisi ruang di dalam 1 kotak) di mana pedestal ini berbentuk-bentuk seperti pohon, awan,matahari, bendera...nah inilah yang salah dalam pembuatan nirmana saya salah,karena sesungguhnya nirmana baik dwimatra/trimatra harus tidak memiliki makna atau menyampaikan suatu keadaan yang terjadi jadi yang betu itu seperti dalam sebuah website ini  :
http://hildablogs.blogspot.co.id/2014/04/racana-dinding-dan-bidang-deret.html
yang melampirkan sebuah nirmana yang sederhana yakni :






di dalam pembuatan nirmana trimatra saya menggunakan alat2:
1.duplek
2.cutter
3.lem G/alteko
4.pensil
5.penggaris
6.cat aga

di mana cara pembuatanya yaitu :
1.duplek kita ukur 5x5 cm untuk membuat 1 bidang tetapi  kita butuh ini 4 buah bidang untuk membuat 1 kotak jadi kita butuh 100 bidang untuk membuat 25 kotak ,untuk membuat seperti punya saya
2. setelah kita ukur dengan pengggaris lalu kita potong dengan cutter
3. lalu kita rekatkan 4 buah bidang menjadi 1 buah kotak dengan lem G/alteko
4. setelah itu kita jajar menjadi 5 ke atas dan 5 ke samping sehingga membentuk sebuah  dinding yang panjang x lebarnya 25x25 cm setelah itu kita lem dengan lem g
5.untuk pembuatan pedestal kita gunakan terserah bahan yang kita gunakan kertas juga bisa,tetapi punya saya ini menggunakan duplek dimana duplek tersebut aku gambar lalu aku potong lalu di cat sesuai selera


TUGAS 5
NIRMANA TRIMATRA MENGGUNAKAN  STICK 






TUGAS UTS
MEMBUAT NIRMANA TRIMATRA MENGGUNAKAN SEDOTAN




2 komentar: